Jumat, 03 September 2010

MY REVIEW :)

Bandung adalah ibu kota provinsi Jawa Barat yang dikenal sebagai Paris van Java atau Paris-nya Jawa lantaran memang Bandung disebut-sebut sebagai Eropa-nya daerah tropis. Sedang dibanding daerah di Amerika, Bandung adalah kembarannya Miami, karena layaknya di Miami, di Bandung juga berdiri banyak bangunan tahun 1920-an yang berarsitektur deco, salah satunya adalah Hotel Savoy Homann. Karena terletak di dataran tinggi, Bandung dikenal sebagai tempat yang berhawa sejuk sehingga menjadikan Bandung sebagai salah satu kota tujuan wisata.

Perkembangan Kota Bandung mulai terlihat pesat di tahun 2000-an dengan ditandai perubahan morfologi kotanya. Sebelumnya Bandung memborong 5 fungsi kota pemerintahan, perdagangan, industri, kebudayaan, dan pariwisata. Perubahan dalam aspek arsitektur kota juga terlihat walaupun Kota Bandung selalu mempertahankan gedung-gedung lama bersejarah yang menjadi kebanggaannya yaitu yang terletak di Jalan Asia Afrika.

Pembangunanpun terus meningkat seiring jalannya waktu, terutama pembangunan perhotelan. Dengan dijulukinya sebagai tujuan wisata terbaik di Indonesia dan didukung dengan kepadatannya menyebabkan Bandung mengabaikan penggunaan tata ruang kota.

Akibatnya keadaan lalu lintas yang semrawut dan kemacetan lalu lintas yang terjadi hampir di semua ruas jalan Kota Bandung, terutama pada pusat-pusat keramaian dan perbelanjaan. Kemacetan terjadi karena tidak seimbangnya antara luas badan jalan dengan jumlah kendaraan dan sistem transportasi umum yang tidak sesuai aturan. Dengan dibangunnya Jembatan Layang Pasupati (Pasteur-Surapati) pada tahun 2000 dan mulai digunakan pada tahun 2005 dapat mengurangi kemacetan Kota Bandung.

Kota Bandung yang kental akan keindahan arsitektur kota, pariwisata, dan budayanya menjadi nilai tambah untuk masyarakat dari dalam maupun luar negeri untuk mengunjungi dan mengaguminya. Sebagai masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Bandung baiknya menjaga keindahannya juga menambah nilai estetika dengan membangun sarana-sarana yang mempunyai manfaat untuk kehidupan di masa yang akan datang. Juga untuk memajukan nama Indonesia di jagat dunia khususnya Kota Bandung.

Oleh karena itu, masyarakat Kota Bandung harus terlibat dalam proses perencanaan pembangunan kota karena jaman sekarang sudah tidak berlaku lagi pemerintah bekerja sendirian dengan mengabaikan peran serta semua elemen masyarakat. Di sinilah kita perlu menerapkan sistem pembangunan berkelanjutan sebagai sebuah harapan akan kenyamanan sebuah kota atas jati diri dan citra kota itu sendiri.


...safe Bandung!...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar